Sabtu, 24 Desember 2011

Wasir 3 - Ambeien



PULIH MARI BALI WUTUH PURNA WALUYA JATI

Normal

Klasifikasi
Ada dua jenis wasir, eksternal dan internal, yang dibedakan melalui posisi mereka sehubungan dengan linea dentata (dentate line atau pectinate line).

Eksternal (Luar)
Wasir eksternal terjadi di bawah garis dentata . Mereka sebenarnya mungkin tersembunyi dari pandangan namun. Secara khusus adalah varises dari vena, pengeringan wilayah arteri rektalis inferior, yang merupakan cabang dari arteri pudenda interna. Kadang-kadang terasa sakit, dan sering disertai dengan pembengkakan dan iritasi. Rasa gatal yang terjadi sering dianggap sebagai gejala dari wasir eksternal, tetapi sebenatnya lebih sering disebabkan oleh iritasi kulit. Iritasi pada kulit dapat disebabkan oleh peradangan pada wasir eksternal, yang pada gilirannya, menyebabkan cairan yang encer, hampir tidak terlihat dan iritasi pada kulit. Wasir eksternal rentan terhadap trombosis : jika pecah vena dan / atau bekuan darah berkembang, wasir menjadi wasir trombosis.

Internal (Dalam)
Wasir internal terjadi di atas linea dentata . Secara khusus adalah varises dari vena, pengeringan wilayah cabang arteri rektalis superior. Daerah ini tidak memiliki reseptor rasa sakit, wasir internal biasanya tidak terasa sakit, dan kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Wasir internal, bagaimanapun, mungkin berdarah ketika terganggu. Wasir internal tidak diobati dapat menyebabkan dua bentuk wasir parah: wasir prolaps dan wasir strangulasi . Wasir prolaps adalah wasir internal yang begitu buncit sehingga mereka terdorong ke luar anus. Jika otot sphincter anus kejang dan anus terbuka maka wasir prolaps ke luar, suplai darah terputus, dan wasir menjadi wasir strangulasi.

Wasir Internal Grade I

Wasir Internal Grade II - IV

Wasir internal dapat lebih dinilai oleh tingkat prolaps.
  • Grade I: Tidak ada prolaps. Keluar darah segar saat mengejan. Tidak ada benjolan keluar dari anus.
    Symptoms may occur
    Hemorrhoids bleed, but do not prolapse. They are only seen at proctoscopy.
  • Grade II: Prolaps pada buang air besar, tapi secara spontan masuk kembali. Keluar benjolan dari anus saat mengejan, tetapi begitu berhenti mengejan benjolan tersebut masuk kembali ke dalam anus.
    Symptoms increase
    Hemorrhoids protrude beyond the edge of the anal orifice during straining at stool and show spontaneous reposition when straining ceases. (Symptoms at this stage may consist of bleeding, itching, burning, and weeping.)
  • Grade III: Prolaps pada buang air besar dan harus dimasukkan secara manual. Keluar benjolan dari anus saat mengejan, dan tidak masuk kembali secara spontan saat berhenti mengejan (harus didorong dengan jari agar dapat masuk).
    Hemorrhoids do not retract on their own
    Hemorrhoids protrude on straining and require manual reposition. Typical symptoms, such as bleeding, weeping and secretion of mucous material, become stronger.
  • Grade IV: Prolaps dan tidak dapat dimasukkan secara manual. Benjolan yang keluar dari anus secara permanen dan tidak dapat masuk kembali lagi ke dalam anus.
    Permanent prolaps
    Hemorrhoids are permanently prolapsed and partially fixed outside the anocutaneous line, no reposition possible. A typical symptom is anal itching caused by impaired continence.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar