Sabtu, 03 Maret 2012

JAMU: Kearifan Lokal Nusantara 1



PULIH MARI BALI WUTUH PURNA WALUYA JATI
Leuweung ruksak, cai beak, hirup balangsak.
Hutan rusak, air hilang, hidup sengsara.
No Forest, No Water, No Future.

PENGERTIAN KEARIFAN  LOKAL (LOCAL WISDOM) 
Dalam pengertian kamus, kearifan lokal (local wisdom) terdiri dari dua kata: kearifan (wisdom) dan lokal (local). Dalam Kamus Inggris Indonesia John M. Echols dan Hassan Syadily,  local berarti setempat, sedangkan wisdom (kearifan) sama dengan kebijaksanaan. Secara umum maka  local wisdom (kearifan setempat) dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat (local) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. 

Local wisdom is a dynamic knowledge resource held, evolved and transmitted by a defined population and integrated with their understanding of surrounding nature and culture. It is the basis for local-level decision-making in health care, agriculture, education, natural resource management and many other activities in rural communities. Adequate and appropriate local wisdom provides income, reduces cost/expenses, increases efficiency of production and improves quality of life.

Keragaman Jenis Tumbuhan Bahan Baku Jamu Galian Putri di Pasar Beringharjo Yogyakarta  
Fredian B. Kumolo, J2B003082, (Dibawah bimbingan Sri Utami dan Murningsih). 


Jamu adalah salah satu minuman  tradisional asli Indonesia. Salah satu jenis jamu yang dikenal luas oleh masyarakat adalah jamu Galian Putri. Jamu ini digunakan secara turun temurun untuk mengatasi masalah kewanitaan remaja putri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resep jamu Galian Putri berdasarkan pengetahuan  para pedagang jamu di  Pasar  Beringharjo. Data resep jamu Galian  Putri dikumpulkan dari para pedagang jamu di  Pasar  Beringharjo dengan jumlah sampel sebanyak  19 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode wawancara semi struktural. Bahan tumbuhan yang digunakan untuk meracik jamu Galian Putri diidentifikasi dan dianalisa secara deskriptif. Data diolah lebih lanjut dengan metode analisa cluster. Jamu Galian Putri yang diracik oleh pedagang jamu di pasar Beringharjo menggunakan bahan baku yang terdiri dari Delima (Punica granatum),  Srigading (Nyctantes arbor-tristis),  Jati Londo (Guazuma ulmifolia)  dan adas (Foeniculum vulgare).  Adapun bahan lain yang digunakan adalah bahan tambahan yang penggunaannya bervariasi antara tiap pedagang. 


>>> Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar