Selasa, 21 Februari 2012

Jamu Gendong 4 - Jamu Kunyit Asam (Kunir Asem)



PULIH MARI BALI WUTUH PURNA WALUYA JATI
Jamu Kunyit Asam (Kunir Asem)
Kunir Asém kuwi salah sawijiné kasil racikan obat herbal atawa jamu kang digawe saka bahan-bahan alami (herbal), kunir asem kalebu jamu gendhong kang bahan utamané kunir karo asém. jamu kang iki biasa didadekaké adem-ademan kanggo awak utawa kanggo nyegerake awak. Jamun iki anduweni warna kuning lan rasané kecut-kecut tinuli seger. Liyané Jamu kunir asem kelebu jamu gendong,ana jamu gendong liyan kang kondhang ning masyarakat Jawa kayata jamu beras kencur, jamu sinom, jamu cabe puyang, jamu pahitan, jamu kunci suruh, jamu kudu laos lan jamu uyup-uyup atawa gepyokan. . Jamu kunir asém iku kalebu ombèn-ombèn obat tradisional Jawa kang uwis ana ket jaman biyen, racikané diturun-temurunké saka jaman Majapahit lan nganti saiki isih diuri-uri, nuli dilestarikaké dadi salah sawijining kasil budaya Jawa .

Kasiat Kunir Asém
Jamu kunir asém kang seger lan enak iki ora namung nyegeraké awak, jamu iki uga anduweni piguna liyane kayata :
  • kandhungan vitamin C saka asem bisa ngobati sariawan
  • ora namung rasané wae kang segar, jamu iki uga bisa gawe segeré awak
  • ngerampingké awak atawa anggawe awak singset
  • ngelancaraké haid
  • jamuné ibu-ibu kang lagi mbobot (meteng)
  • jamu kunir asém uga bisa kanggo nambani weteng mules.
Kasiat Kunir Asém
Racikan Kunir Asém
Kasiat Bahané
Séger-séger, adém-adéman kunir, asém kawak, temulawak, gula
Mulés, adém-adéman kunir kang akeh, asém kawak, gula abang
Weteng kembung kunir, asém kawak, gula abang
Awak séger, sariawan kunir, asém kawak, gula abang
Séger-ségeran, sariawan kunir, asém kawak, gula abang
Adém-adéman, sariawan kunir, asém kawak, gula abang
Panas dalam kunir, asém kawak, gula abang
Panas Dalam kunir, godhong asem, asém kawak, jeruk nipis, gula
Séger-ségeran kunir, godhong asem, asém kawak, jeruk nipis, gula
Adém-adéman, sariawan kunir, kedawung, asem kawak, gula
Ngelancarké haid kunir, asém kawak, gula abang
Obat mbobot (hamil) kunir, asém kawak, gula abang

Cara Gawe Jamu Kunir Asém

Bahan utama jamu iki yaiku asem kang ditambahan kunir utawa kunyit, ananging perlu ditambah karo bahan-bahab liyan kayata sinom (godong asém enom), temulawak, wiji kedawung, lan banyu jeruk nipis. Kanggo pemanis, bisa ditambahi gula pasir utawi pemanis buatan lan bisa ditambahi karo uyah.


Cara anggawe jamu iki yaiku:
Bahan-bahan kang wis cumepak ditumbuk kasar nganggo lumpang karo alu wesi atawa watu (kunir mau wis dirajangi sakdurunge) digodog nganti umob, banyu godogan disaring lan ditambah uyah, gula sak selerané.

Jamu Kunir Asam dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu 'adem-ademan atau seger-segeran' yang dapat diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh atau dapat membuat tubuh menjadi dingin. Ada pula yang mengatakan bermanfaat untuk menghindarkan dari panas dalam atau sariawan, serta membuat perut menjadi dingin. Seorang penjual jamu mengatakan bahwa jamu jenis ini baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda dan dapat menyuburkan kandungan. Ada pula penjual jamu yang menganjurkan minum jamu kunir asam untuk melancarkan haid.
Penggunaan bahan baku jamu kunir asam pada umumnya tidak jauh berbeda di antara pembuat. Perbedaan terlihat pada komposisi bahan penyusunnya. Jamu dibuat dengan bahan utama buah asam ditambah kunir/kunyit, namun beberapa pembuatnya ada yang mencampur dengan sinom (daun asam muda), temulawak, biji kedawung, dan air perasan buah jeruk nipis. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan seringkali mereka juga mencampurkan gula buatan, serta dibubuhkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu, yaitu direbus sampai mendidih dan jumlahnya sesuai kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis (kunyit), dimasukkan ke dalam air mendidih dan direbus sampai mendidih beberapa saat. Selanjutnya, ditambahkan gula (atau pemanis buatan) sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Rebusan yang diperoleh dibiarkan sampai agak dingin, kemudian disaring dengan saringan. Rebusan yang sudah disaring dibiarkan dalam panci dan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan.


Wedang Kunir Asem Kotagede
Jika Pasarean Imogiri punya minuman khas berisi rempah-rempah yang terkenal dengan sebutan “wedang uwuh”, kawasan Kotagede di Yogyakarta pun punya minuman unik yang patut dicoba. “Wedang Kunir Asem,” begitulah si penjual menyebut minuman yang terdiri dari irisan kunir (kunyit),  asem (asam Jawa), dan gula Jawa aren.

Wedang kunir asem ini hampir sama namun berbeda dengan jamu kunir asem (kunyit asam). Selain cara menyajikannya, rasanya pun berbeda meski komposisinya sama. Bagi anda yang tak menyukai jamu, minuman ini patut dicoba. Rasa eneg ketika minum jamu tidak terdapat dalam wedang kunir asem ini.

Khasiatnya pun sangat beragam dan tak kalah dengan jamu kunyit asam. Selain menghangatkan badan jika disajikan panas, minuman ini pun mampu menyegarkan tubuh. Bahkan dipercaya memperlancar aliran darah dan memperlancar haid bagi perempuan.

Sangat mudah untuk menemukan penjual minuman khas di wilayah bekas Kerajaan Mataram kuno ini. Bertempat di pedagang lesehan kaki lima di emperan teras Pasar Legi Kotagede inilah wedang kunir asem bisa dibeli. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 3.500 saja, minuman yang memiliki banyak khasiat ini bisa dinikmati pada malam hari mulai pukul  19.00 WIB.

Bagi pencinta minuman dingin, wedang kunir asem ini pun bisa dinikmati dengan campuran es sehingga rasanya dingin dan menyegarkan. Anda pun bisa menikmati minuman nikmat ini sambil menyempatkan diri mengunjungi daerah bersejarah bagi kerajaan Mataram Yogyakarta ini.

Jamu Kunyit Asam
Jenis jamu ini berkhasiat dapat membuat tubuh menjadi dingin, atau dengan kata lain untuk menyegarkan badan. Selain itu, jamu kunir asam juga berguna untuk mengobati panas dalam, sariawan, serta mendinginkan perut. Jamu kunir asam sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil muda karena dapat menyuburkan kandungan. Jamu kunir asam juga dianjurkan diminum perempuan yang sedang datang bulan karena dapat melancarkan haid. Sesuai dengan namanya, bahan utama pembuat jamu kunir asam adalah buah asam ditambah kunir atau kunyit, boleh juga dicampur dengan tambahan bahan-bahan lain seperti  sinom (daun asam muda), temulawak, biji kedawung, dan air perasan jeruk nipis. Agar rasanya sedikit manis dan semakin nikmat, boleh ditambahkan gula merah dicampur sedikit gula putih dan bubuhkan sedikit garam.

Cara pengolahan jamu kunir asam yaitu, buah asam dan kunir dengan jumlah relatif sesuai kebutuhan, ditumbuk menggunakan lumpang (alu dari besi) atau bisa juga menggunakan batu. Khusus untuk kunyit boleh hanya diiris tipis-tipis saja. Hasil tumbukan dan irisan bahan-bahan tersebut diusahakan jangan terlalu halus, atau dengan kata lain, bentuknya masih agak kasar. Setelah itu, bahan-bahan tersebut direbut dalam air sampai mendidih selama beberapa saat. Setelah direbus, kemudian ditambahkan gula sampai didapatkan cita rasa manis sesuai selera dengan cara dicicipi terlebih dahulu. Rebusan yang diperoleh dibiarkan sampai agak dingin, lalu disaring. Rebusan yang sudah disaring sudah siap diminum, dan rasanya akan tetap nikmat baik dalam kondisi panas maupun dingin. 


>>> Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar