Selasa, 21 Februari 2012

Jamu Gendong 5 - Jamu Beras Kencur



PULIH MARI BALI WUTUH PURNA WALUYA JATI
Jamu Beras Kencur
Beras kencur merupakan minuman penyegar khas dari Indonesia (Jawa). Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar.

Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar selain itu jamu beras kencur jika diminum secara rutin setiap hari bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag (untuk penyembuhan maag ini tidak boleh dicampur dengan rimpang jahe dan untuk asam kawak boleh sedikit saja). Rasa manis berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang ditambahkan. Kencur menyumbang pada rasa sedikit pedas yang terasa jika beras kencur diminum, untuk menambah rasa pedas jamu beras kencur ini biasanya ditambah rimpang jahe secukupnya.

Ramuan jamu beras kencur selengkanya yaitu terdiri dari: Bahan utama rimpang kencur dan tepung beras, rimpang jahe, asam kawak, biji kedaung, garam dan gula merah atau gula pasir.

Jamu beras kencur secara tradisional dijual bentuk cairan segar, baik di pasar-pasar umum atau oleh penjual jamu keliling. Industri jamu sekarang mengembangkan beras kencur yang dikemas dalam bentuk bubuk atau konsentrat (sirup) dan juga dijual bentuk bubuk kering instan tinggal menyeduh dengan air hangat atau air panas, prosesnya rimpang kencur bersama bahan lainnya kecuali tepung beras dan gula ditumbuk atau digiling sampai halus, dengan air panas diperas diambil sari-sarinya setelah itu tepung beras dan perasan sari kencur dicampur dengan beras dan gula untuk selanjutnya diproses pengeringan dengan cara dipanasi.


BERAS KENCUR
Beras Kencur kuwi salah sawijiné jamu kang kondhang ning masyarakat Jawa digawe saka bahan herbal lan alami,jamu iki kalebu jamu kang anduwèni khasiat ngilangaké rasa pegél-pegél ning awak. Kebiasaan apik kang dibiasakaké para penikmat jamu iki yaiku bisa ngrasakake penake, awak ora kerasa pegel-pegel menawa kerja kang rada abot lan anggawe awak kerasa luwih seger. Ana ning masyarakat Jawa, beras kencur kelebu jamu gendong. Saliyane beras kencur ana jamu kunir asem, jamu sinom, jamu cabe puyang, jamu pahitan, jamu kunci suruh, jamu kudu laos lan jamu uyup-uyup atawa gepyokan.  Jamu beras kencur iku kalebu ombèn-ombèn obat tradisional Jawa kang uwis ana ket jaman biyen, racikané diturun-temurunké saka jaman Majapahit lan nganti saiki isih diuri-uri, nuli dilestarikaké dadi salah sawijiné kasil kabudayan Jawa.

Bahan-bahané Jamu Beras Kencur
Jamu beras kencur kang warnané soklat enom iku rasane ora kaya-kaya jamu liyané kang kondhang karo rasa pait lan ora enaké, rasané jamu iki seger tinuli ora pait[4] Rasan segeré tambah mantep menawa racikané ditambahi karo gula jawa utawa gula aren. Bahan-bahan kanggo nggawe jamu iki yaiku beras lan kencur, bahan loro kuwi kang dadi utama. Ananging, para pedagang jamu saiki akeh kang nambahi bahan liyan kayata jaé, asem, kapulaga, jeruk nipis, pala, wiji kedawung, kunci, keningar, kunir.

Kasiat Jamu Beras Kencur
Jamu iki kondhang ora mung merga rasané kang seger atawa bisa ngurangi lan ngilangaké rasa pegel-pegel ning awak, Jamu beras kencur iki kondhang uga merga anduweni piguna liyané kayata:
  • Jamu iki ngilangaké rasa nyeri nuli pegel ning awak
  • nambah tenaga merga kerja kang abot
  • ning masyarakat Jawa jamu iki dipercaya bisa ngilangaké lelara kang ana hubungané karo tenggorokan, kayata watuk
  • radhang lambung uga bisa mending menawa diombèni beras kencur
  • amerga ngandhung vitamin C saka asem atawa gula jawa kang dadi bahan racikané jamu iki uga bisa nambani sariawan
  • ngenengké weteng kang kembung
  • rasa segeréjamu beras kencur iki anggawe awak dadi seger
  • khasiat liyan saka jamu iki yaiku bisa ningkatake napsu mangan sahingga awak bisa dadi tambah bergas lan kuat
  • beras kencur bisa ngobati bengkak merga keseleo
  • ngelancarké alirané getih
  • uga bisa nambani keracunan merga panganan

BERAS KENCUR
Minuman beras kencur berkhasiat untuk menghilangkan rasa capai dan pegal pada persendian atau otot serta mencegah masuk angin.


Bahan Baku
Beras, disangrai selama 5-10 menit 10 gr
Kencur segar 15 gr
Jahe segar 4 gr
Asam Jawa 5 gr
Kayu manis 0,1 gr
Gula aren 20 gr
Garam sedikit
Cengkih sedikit
Kunyit sedikit
Air 100 ml


Peralatan
Alat pemanas
Panci
Wajan
Pengaduk
Saringan


Cara Pembuatan
Beras disangrai selama 5-10 menit (digoreng tanpa minyak)
Kencur, jahe, Asam, Kayu Manis, Kunyit, Cengkih dipotong kecil-kecil kemudian direbus selama 10 -15 menit. Rebusan ini sekali-kali diaduk.
Setelah selesai, rebusan ini kemudian disaring dengan kain bersih. Pada beningan yang masih panas ditambahkan garam dan gula sesuai selera masing-masing.
Ramuan ini didinginkan sampai hangat-hangat kuku, kemudian ditambah beras yang sudah disangrai.
Untuk mengeluarkan angin, ramuan ditambah biji kedawung yang sudah disangrai dan botor masing-masing 3 buah.



Jamu Beras Kencur
Jamu beras kencur dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu yang dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Dengan membiasakan minum jamu beras kencur, tubuh akan terhindar dari pegal-pegal dan linu yang biasa timbul bila bekerja terlalu payah. Selain itu, banyak pula yang berpendapat bahwa jamu beras kencur dapat merangsang nafsu makan, sehingga selera makan meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat.

Dalam pembuatan jamu beras kencur, terdapat beberapa variasi bahan yang digunakan, namun terdapat dua bahan dasar pokok yang selalu dipakai, yaitu beras dan kencur. Kedua bahan ini sesuai dengan nama jamu, dan jamu ini selalu ada meskipun komposisinya tidak selalu sama di antara penjual jamu. Bahan-bahan lain yang biasa dicampurkan ke dalam racikan jamu beras kencur adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kunci, kayu keningar, kunir, jeruk nipis, dan buah pala. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan seringkali mereka juga mencampurkan gula buatan.

Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda, yaitu direbus dan dibiarkan sampai dingin, kemudian disediakan sesuai kebutuhan. Mula-mula beras disangan, selanjutnya ditumbuk sampai halus. Bahan-bahan lain sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Kedua bahan ini kemudian dicampur, diperas, dan disaring dengan saringan atau diperas melalui kain pembungkus bahan. Sari perasan bahan dicampurkan ke dalam air matang yang sudah tersedia, diaduk rata. Selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol.

Resep Minuman – Beras Kencur
Minuman ini terbuat dari beras dan kencur. Kombinasi keduanya menghasilkan manfaat yang besar, diantaranya sebagai sarana : mencegah masuk angin, meningkatkan nafsu makan, mencegah sariawan, membantu menghilangkan capek-capek, memperlancar siklus menstruasi, mengeluarkan dahak dan ekspektoran, mengurangi rasa pusing, mual dan kembung.

Bahan Minuman Beras Kencur :
Beras 200 gram
Air mendidih 100 ml
Kencur 50 gram, bersihkan
Jahe 50 gram, bersihkan
Daun pandan 2 lembar
Kelabet 1/2 sendok teh
Kapulaga 10 buah
Kemukus 1/2 sendok teh
Gula merah 300 gram
Air 1500 ml
Garam secukupnya

Cara membuat Minuman Beras Kencur :
Beras dibersihkan, tiriskan. Sangrai lalu rendam dalam air mendidih selama 2 jam.
Sangrai jahe dan kencur, angkat dan sisihkan.
Campur rendaman beras, kencur, jahe yang telah disangrai, kelabet, kapulaga, kemukus dan sedikit garam. Haluskan dengan blender.
Rebus air bersama gula merah dan pandan hingga gula larut dan mendidih.
Campur beras kencur dengan air gula, aduk rata lalu saring. Sajikan.

Untuk 7 – 8 gelas

Macam-Macam Manfaat Jamu Beras Kencur
Jamu beras kencur adalah salah satu jenis jamu yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Rasa jamu ini tidak seperti kebanyakan jamu yang lain yang identik dengan rasa pahit. Rasa jamu ini biasanya manis dan enak bila ditambah dengan gula aren atau gula jawa. Manfaat Jamu Beras Kencur ini pun sudah banyak diketahui oleh banyak orang.

Bahan dan Pembuatan Jamu Beras Kencur
Sesuai namanya, jamu ini terbuat dari dua bahan utama, yaitu beras dan kencur. Tapi ada juga pembuat jamu yang menambahkan beberapa jenis bahan lain sebagai campuran, misalnya asam, kunyit, atau jahe.
Cara pembuatannya sangatlah mudah. Beras disangan (digoreng tanpa minyak) lalu dihaluskan. Bahan kencur yang sudah dibersihkan ikut dihancurkan dengan cara ditumbuk. Setelah itu, bubuk beras dan kencur ini dicampur, diberi sedikit air hangat lalu diperas dengan kain saring. Bisa juga direbus dengan air lalu disaring. 
Air perasan inilah yang disebut dengan jamu beras kencur. Penyajiannya bsia ditambah gula jawa atau gula aren agar terasa manis.

Kandungan Jamu Beras Kencur
Manfaat jamu beras kencur tidak bisa lepas dari kandungan jamu yang bermacam-macam. Antara lain protein, karbohidrat, minyak atsiri, dan mineral.

Manfaat Jamu Beras Kencur
Selain menyegarkan, meminum jamu beras kencur yang terasa enak ternyata banyak manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaatnya.
  • Minyak atsiri yang dikadung kencur diklaim memiliki banyak senyawa bermanfaat. Senyawa ini berfungsi sebagai zat analgesic, yaitu zat yang memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  • Jamu beras kencur memiliki kemampuan untuk menambah tenaga karena memiliki sifat stimultan.
  • Manfaat jamu beras kencur yang lain adalah sebagai minuman penambah nafsu makan. Ini cukup efektif pada anak kecil yang kebanyakan memang susah makan.
  • Jamu beras kencur bisa dimanfaatkan sebagai minuman penghilang rasa capek, pegal-pegal karena kelelahan.
  • Jamu beras kencur  dipercaya bisa menghilangkan beberapa penyakit, seperti batuk, radang lambung, sariawan, keracunan makanan, atau perut kembung.

Itu adalah beberapa manfaat jamu beras kencur yang sudah banyak dibuktikan orang. Karena cara membuatnya yang mudah dan manfaat yang begitu banyak, maka tak ada alasan bagi Anda untuk tidak menyukai jamu beras kencur yang enak ini. Silahkan dicoba dan rasakan manfaatnya!

Beras Kencur, Jamu Manis Kaya Nutrisi
Rasanya manis, tak seperti jamu pada umumnya. Juga kaya manfaat untuk kesehatan.
Hidup di lingkungan modern tak membuat Nadine Alexandra Dewi Ames malu mengonsumsi jamu tradisional. Ia sangat menyukai jamu beras kencur yang bercita rasa manis. 

"Kebetulan mamaku orang Solo, waktu kecil sering dikasih beras kencur. Ini jadi minuman kesukaan saya," katanya saat berbincang dengan VIVAnews.

Terlepas dari kenikmatan minuman ini, ia merasa mendapat manfaat positif bagi kesehatan. Jamu ini berkhasiat sebagai minuman penambah energi, penghilang pegal dan nyeri, penambah nafsu makan, juga mengatasi gangguan pencernaan. 

Selain beras dan kencur, minuman ini biasanya juga dicampur sejumlah rempah lain untuk menambah rasa dan manfaat. Jenis rempah yang biasa ditambahkan antara lain jahe, kayu manis, cengkih, dan gula aren. 

Melihat manfaatnya, beras kencur dan aneka menu jamu gendong lainnya mulai dilirik pengusaha kuliner menjadi komoditi potensial. Tengok saja 'Pasar Senggol' di Java Restaurant, InterContinental Jakarta Midplaza. Sebuah booth jamu gendong hadir di hotel mewah tersebut. 

Ayleen Tjandra, Assistance Public Relation Manager InterContinental Jakarta Midplaza, mengatakan, sajian jamu gendong sengaja ditonjolkan demi mengangkat citranya ke kancah internasional. Harapannya, popularitas jamu gendong bisa sejajar dengan berbagai minuman kalangan menengah atas.


>>> Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar