Selasa, 24 Januari 2012

CHOLESTEROL 4 - 胆固醇 - 膽固醇 - Dǎngùchún



PULIH MARI BALI WUTUH PURNA WALUYA JATI

Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana >>>Jamu Godog Penurun Cholesterol – LEMAK NORMAL

Cholesterol - 胆固醇 - 膽固醇 - Dǎngùchún


Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol(bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atomkarbon.
Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dantestosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwanmenyebutnya sintesis.
Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.
Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD.
Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin.

Kolesterol ialah bahan berlemak (lipid) yang merupakan sebahagian daripada membran luar sel dalam badan haiwan. Ia juga ditemui dalam edaran darah manusia. Dua sumber utama kolesterol dalam darah diperoleh daripada pemakanan dan pengeluaran hati.
Kolesterol pemakanan datang daripada daging,ayam, ikan dan produk tenusu. Selepas makan, kolesterol diserap oleh usus ke dalam peredaran darah dan diselaputi oleh protein. Kolesterol bersalut protein ni dipanggil chylomicron.
Hati mampu menyingkirkan kolesterol daripada peredaran darah dan juga menghasilkan kolesterol serta merembeskan kolesterol ke dalam peredaran darah. Selepas makan, hati mengeluarkan chylomicron daripada peredaran darah. Di antara waktu makan, hati menghasilkan dan merembeskan kolesterol kembali ke dalam peredaran darah.
Kolesterol tidak boleh larut dalam darah kecuali jika ia bergabung dengan protein khas yang dipanggil lipoprotein. Kolesterol yang dirembeskan oleh hati ke dalam darah boleh bergabung dengan lipoprotein ketumpatan amat rendah (VLDL) atau lipoprotein ketumpatan tinggi (HDL).
Kolesterol LDL yang terhasil daripada metabolisme kolesterol VLDL dalam aliran darah, dikenali sebagai kolesterol ‘jahat’ manakala kolesterol HDL dikenali sebagai kolesterol baik.
Kolesterol adalah bahan berlemak (lipid) yang merupakan bagian dari membran luar sel dalam tubuh hewan. Ia juga ditemukan dalam distribusi darah manusia . Dua sumber utama kolesterol dalam darah diperoleh dari makanan dan produksi hati .
Kolesterol makanan datang dari daging , ayam , ikan dan produk susu. Setelah makan, kolesterol diserap oleh usus ke dalam peredaran darah dan diselimuti oleh protein . Kolesterol bersalut protein ni dipanggil chylomicron.
Hati mampu menyingkirkan kolesterol dari sirkulasi darah dan juga menghasilkan kolesterol serta merembeskan kolesterol ke dalam peredaran darah. Setelah makan, hati mengeluarkan chylomicron dari peredaran darah. Di antara waktu makan, hati menghasilkan dan merembeskan kolesterol kembali ke dalam peredaran darah.
Kolesterol tidak bisa larut dalam darah kecuali jika ia bergabung dengan protein khusus yang disebut lipoprotein. Kolesterol yang dirembeskan oleh hati ke dalam darah bisa bergabung dengan lipoprotein kepadatan sangat rendah (VLDL) atau lipoprotein densitas tinggi (HDL).
Kolesterol LDL yang dihasilkan dari metabolisme kolesterol VLDL dalam aliran darah, dikenal sebagai kolesterol 'jahat' sedangkan kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol baik.
Kolestrol penyebab serangan jantung
Seseorang individu terdedah kepada serangan jantung bila dia mempunyai kolesterol LDL yang lebih tinggi daripada kolesterol HDL.
Lipoprotein LDL menyebabkan kolesterol melekat pada dinding arteri, menyebabkan pembentukan bahan keras dan tebal yang dipanggil plak kolesterol. Lama-kelamaan, plak kolesterol menyebabkan dinding arteri menebal dan saluran arteri semakin sempit, satu proses yang dipanggil atherosclerosis.
Arteri koronari membekalkan darah dan oksigen kepada otot jantung. Bila arteri koronari menyempit disebabkan atherosclerosis, ia tidak mampu membekalkan darah dan oksigen secukupnya kepada otot jantung. Kekurangan oksigen ke otot jantung menyebabkan dada sakit, juga ketulan darah dalam arteri yang menyebabkan saluran itu tersumbat dan membawa kepada kematian otot jantung (serangan jantung).
Zarah kolesterol HDL menghalang proses atherosclerosis dengan menarik kolesterol daripada dinding arteri dan menyingkirkannya melalui hati, untuk dibuang menerusi hempedu. Ia juga mengganggu pengumpulan kolesterol pada dinding arteri oleh zarah kolesterol LDL.
 
Kolestrol penyebab serangan jantung
Seseorang individu terkena serangan jantung bila dia memiliki kolesterol LDL yang lebih tinggi dari kolesterol HDL.
Lipoprotein LDL menyebabkan kolesterol melekat pada dinding arteri , menyebabkan pembentukan bahan keras dan tebal yang disebut plak kolesterol. Lama-kelamaan, plak kolesterol menyebabkan dinding arteri menebal dan saluran arteri semakin sempit, satu proses yang disebut atherosclerosis.
Arteri koroner memasok darah dan oksigen ke otot jantung. Kapan arteri koroner menyempit karena atherosclerosis, ia tidak mampu menyediakan darah dan oksigen secukupnya pada otot jantung. Kekurangan oksigen ke otot jantung menyebabkan dada sakit, juga ketulan darah dalam arteri yang menyebabkan saluran itu tersumbat dan membawa kepada kematian otot jantung (serangan jantung).
Partikel kolesterol HDL mencegah proses atherosclerosis dengan menarik kolesterol dari dinding arteri dan menyingkirkannya melalui hati, untuk dibuang melalui empedu. Ia juga mengganggu pengumpulan kolesterol pada dinding arteri oleh partikel kolesterol LDL.

Kolésterol yaiku salah sawijining molekul lemak ing jero sél sing dipérang dadi LDL,HDL, total kolésterol lan triglisérida. Sejatiné kolésterol kuwi salah siji komponén lemak. Kaya sing wis dimangerténi déning masyarakat yén lemak kuwi salah sawijining zat gizi sing diperlokaké awak saliyané karbohidrat, kalsium, lsp. Lemak kuwi sumber énergi sing ménéhi kalori paling dhuwur. Kolésterol iki sejatiné zat sing penting kanggo awak, nanging nalika cacahé wis kakéhan bisa marakake penyakit.Kakéhan kolésterol kuwi mau bisa marakaké aterosklerosis, yaiku saya ciutépembuluh getih utawa marakaké saya atos pembuluh getih. Yen wis kaya mangkono bakalé dadi cikal bakal penyakit jantung lan stroke.
Faktor-faktor Mundhake Kolesterol
Ana 7 perkara sing marakaké kolésterol ing awak saya mundhak:
  • Panganan sing dikonsumsi sedina-dina
  • Bobot awak
  • Kurang Olah Raga
  • Umur lan jenis kelamin
  • Penyakit tertamtu
  • Sejarah kaluwarga (genetik)
  • Rokok
Bebayane Kolésterol
Keluwihan kolésterol kuwi ora becik kanggo awak, kayata:

  • Nutupi pembuluh getih otak sing bisa marakake serangan jantung.
  • Nutupi pembuluh getih jantung sing bisa marakake stroke.
Patokan Ukuran Kadar Kolésterol Normal
  • Kadar kolésterol sing normal kuwi ana patokane kaya ing ngisor iki.
  • Kolestérol total < 200 mg/dl
  • Kolestérol HDL 35 – 65 mg/dl
  • Kolestérol LDL < 150 mg/dl
  • Triglisérida < 200 mg/dl
  • Ratio kolésterol total : kolésterol HDL < 5
Ngatasi Kolésterol
Ana macem-macem cara kanggo ngatasi utawa ngendalékaké kolesterol, kayata:

  • Diét kanthi ngonsumsi panganan sing kadar lemak lan kolésterolé cendhék.
  • Konsumsi panganan sing akéh serat.
  • Konsumsi antioksidan.
  • Ora ngombé alkohol lan ngrokok.
  • Olahraga
5 Jenis Panganan Kanggo Ngatasi Kolésterol
Ana 5 jenis panganan sing apik yén ditambahaké ing menu diét kolésterol.
  • Almond, yakuwi jenis kacang-kacangan kang bisa ngudunaké LDL nganti 4,4%
  • Oatmeal
  • Iwak kang ngandung Omega3 kayata tuna lan salmon
  • Anggur Merah kang ngandung flanavols bisa ngudhunké kolésterol lan ngendhekake penyakit jantung
  • Kacang kedelai bisa ngudunaké produksi kolésterol anyar.

Kolesterol nya éta bahan anu ngandung lemak (lipid) mangrupa bagian tina membran luar sél dina jero awak sato. Kolesterol ogé bisa kapanggih dina distribusi getih manusa. Dua sumber utama kolesterol dina getih asalna tina dahareun jeung produksi di jero ati.  Dina jero awak urang aya lemak anu ngawengku kolesterol jahat anu biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ieu téh cicingna dina pembuluh darah. Sedengkeun kolesterol baik anu sok disebut HDL (High Density Lipoprotein) mangrupa lemak anu bisa liur dina kandungan LDL dina jero awak. Kolesterol normal dina awak nya éta 160-200 mg, jadi numpukna kandungan LDL bisa disingkahan sangkan tetep dina ka ayaan normal.
Cara Ngandalikeun Kolesterol
Sababara cara sangkan urang bisa ngendalikeun kolesterol :
  • Diet, konsumsi dahareun anu rendah lemak jeung kolesterol. Misalna ku cara ngokonsumsi susu anu lemak jeung ngurangan ngadahar daging. Pilih dahareun anu kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak anu dipaké pikeun ngagoréng sacara tuluy-gumuluy bisa ningkatkeun kadar kolesterol, jadi alusna mah singkahan dahareun anu digoréng.
  • Konsumsi kadaharan anu miboga kandungan serat saperti gandum, beubeutian, sayur-sayuran jeung bungbuahan. Jinis kadaharan ieu bisa nyerep kolesterol anu aya dina jero getih jeung ngaluarkeun tina awak.
  • Konsumsi antioksidan, kandungan antioksidan ayana dina bungbuahan saperti jeruk, strawbery, gedang, wortel, jeung waluh. Mengko ngadahar bawang bodas sacara taratur bisa nurunkeun kadar kolesterol.
  • Ingkahan alkohol jeung ngaroko.
  • Olahraga

 Overview of lipoprotein metabolism with special reference to the role of HDL-cholesterol. 
FC, free (unesterified) cholesterol; 
CE, cholesterol ester; 
TG, triglyceride; 
FFA, free fatty acids; 
HDL-C, high-density lipoprotein cholesterol; 
LDL-C, low-density lipoprotein cholesterol; 
LPL, lipoprotein lipase. 
Reproduced with permission from Barter PJ, Brewer HB Jr, Chapman MJ et al.


Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana >>>Jamu Godog Penurun Cholesterol – LEMAK NORMAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar