Senin, 30 Januari 2012

Hormon Estrogen 2 - Fungsi dan Efek Samping Hormon Estrogen bagi Tubuh Wanita



PULIH MARI BALI WUTUH PURNA WALUYA JATI

Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana >>> Jamu Godog Penyubur Kandungan – IBU BAHAGIA

Fungsi dan Efek Samping Hormon Estrogen bagi Tubuh Wanita

Estrogen adalah hormon yang memainkan peran kunci dalam perkembangan organ dan sistem reproduksi wanita.

Estrogen juga bertanggung jawab untuk gejala yang diderita selama menopause. Secara keseluruhan, estrogen merupakan komponen penting dari kehidupan setiap wanita.

Jenis Estrogen

Estrogen adalah kelompok hormon steroid yang berasal dari kolesterol. Ada tiga jenis estrogen yaitu estradiol, estrone, dan estriol.

Menariknya, testosteron atau hormon reproduksi laki-laki merupakan perantara dalam sintesis estrogen. Keduanya juga memiliki struktur yang cukup mirip.

Sedang perbedaan diantara keduanya adalah testosteron memiliki tambahan rantai metil.

Hormon steroid seperti estrogen dapat berdifusi bebas melalui membran plasma.

Perkembangan Reproduksi Wanita

Estrogen bertanggung jawab untuk perkembangan reproduksi wanita terutama selama masa pubertas.

Estrogen bertanggung jawab untuk mempercepat pertumbuhan tubuh wanita, dan kemudian berperan mengembangkan rahim, ovarium, dan sistem reproduksi lain sehingga tubuh siap untuk mendukung kehamilan.

Estrogen juga berperan membantu perkembangan dan pembesaran payudara, meningkatkan timbunan lemak di lapisan subkutan, membantu perkembangan panggul, pertumbuhan rambut ketiak dan kemaluan, serta berbagai fungsi metabolik lainnya.

Siklus Menstruasi

Antara masa pubertas dan menopause, tubuh wanita akan mengalami siklus menstruasi.

Perubahan tingkat estrogen (naik dan turun) memainkan peran kunci dalam siklus ini.

Pada awal siklus, follicle stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormon (LH) merangsang folikel dalam ovarium untuk mulai memproduksi estrogen, yang ujungnya menghambat pelepasan FSH dan LH dari kelenjar hipofisis.

Pada konsentrasi kritis, estrogen lantas merangsang pelepasan cadangan FSH dan LH, sehingga kadar kedua hormon yang tiba-tiba meningkat akan merangsang terjadinya ovulasi atau pelepasan telur dari folikel.

Pada akhir siklus, saat kadar FSH dan LH turun, tingkat estrogen juga menurun dan memicu menstruasi jika sel telur belum dibuahi.

Efek Samping Estrogen

Meskipun estrogen memberikan manfaat positif bagi wanita, bentuk-bentuk tertentu dari kanker payudara menggunakan estrogen sebagai hormon pertumbuhan.

Perawatan terhadap jenis kanker jenis ini difokuskan untuk memperlambat produksi estrogen.

Terapi Sulih Hormon

Selama menopause, tubuh wanita berhenti memproduksi progesteron dan menghasilkan sedikit estrogen, yang menjadi penyebab berhentinya siklus menstruasi.

Berhentinya produksi hormon juga menyebabkan gejala lain seperti osteoporosis, berkeringat pada malam hari, hot flashes, gatal-gatal, dan kekeringan pada alat kelamin, serta mengakibatkan rasa sakit selama hubungan intim.

Terapi sulih hormon pada mulanya menjadi solusi populer bagi wanita yang menderita gejala yang disebabkan ketidakseimbangan estrogen.

Akan tetapi sebuah penelitian pada tahun 2002 menunjukkan bahwa terapi sulih hormon dapat meningkatkan risiko gangguan jantung dan kanker payudara.

Hormone replacement therapy (HRT) is a system of medical treatment for surgically menopausal, transgender, perimenopausal and to a lesser extent postmenopausal women. It is based on the idea that the treatment may prevent discomfort caused by diminished circulating oestrogen and progesterone hormones, or in the case of the surgically or prematurely menopausal, that it may prolong life and may reduce incidence of dementia. It involves the use of one or more of a group of medications designed to artificially boost hormone levels. The main types of hormones involved are oestrogens, progesterone or progestins, and sometimes testosterone. It often referred to as "treatment" rather than therapy.
A recent large well-designed randomized controlled trial recently showed that increased breast cancer risk applies only to those women who take progesterone analogues (as was done in the WHI) but not to those taking progesterone itself.

 Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana >>> Jamu Godog Penyubur Kandungan – IBU BAHAGIA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar