Senin, 30 Januari 2012

Hormon Estrogen 7 - Gangguan Reproduksi Akibat Kekurangan Hormon Progesteron



PULIH MARI BALI WUTUH PURNA WALUYA JATI

Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana >>> Jamu Godog Penyubur Kandungan – IBU BAHAGIA

Progesterone
Wie Sie in der Skizze sehen, ist das aus Diosgenin gewonnene Progesteron völlig identisch mit dem natürlichen Progesteron (das auf natürlichem Weg aus Cholesterin entsteht).

Gangguan Reproduksi Akibat Kekurangan Hormon Progesteron

Progesteron adalah hormon pada wanita yang bertanggung jawab untuk banyak proses selama masa pubertas, menstruasi, dan kehamilan.

Tidak memiliki cukup progesteron menyebabkan efek samping yang serius dan memengaruhi perkembangan seksual seorang wanita dan kemampuannya untuk bereproduksi.

Hormon Progesteron

Pria dan wanita sama-sama memproduksi progesteron, namun wanita tercatat memproduksi hormon progesteron dua kali lebih banyak dibanding pria.

Wanita menggunakan progesteron bersama dengan hormon wanita lain seperti estrogen untuk memfasilitasi proses reproduksi. Progesteron ditemukan di ovarium, kelenjar adrenal, dan plasenta.

Progesteron juga disimpan dalam sel lemak tertentu. Di luar tubuh manusia, progesteron (dalam bentuk diosgenin) dapat ditemukan dalam sejenis ubi (uwi - Dioscorea).
Dioscorea villosa (Dioscorea wild yam)
Diosgenin, a steroid sapogenin, is the product of hydrolysis by acids, strong bases, or enzymes of saponins, extracted from the tubers of Dioscorea wild yam (Dioscorea villosa), such as the Kokoro (Dioscorea rotundata). The sugar-free (aglycone), diosgenin is used for the commercial synthesis of cortisone, pregnenolone, progesterone, and other steroid products.
Defisiensi Progesteron

Wanita yang telah mengalami menopause dan gadis remaja prapubertas memiliki tingkat progesteron yang sangat rendah.

Seorang wanita yang memiliki tingkat rendah progesteron selama masa aktif reproduksi disebut mengalami defisiensi atau kekurangan progesteron.

Gejala kekurangan progesteron meliputi menstruasi yang tidak teratur, kista ovarium, dan keguguran. Seorang wanita yang diduga mengalami kekurangan progesteron akan diminta untuk melakukan pemeriksaan sampel darah.

Sebelum melakukan pemeriksaan sampel darah, pasien diminta untuk tidak mengambil pil KB, suplemen estrogen, atau suplemen progesteron setidaknya satu bulan sebelum pengujian agar hasil pemeriksaan akurat.

Selama Perkembangan Payudara

Pubertas seorang wanita ditandai oleh menstruasi dan perkembangan payudara. Payudara mulai tumbuh beberapa tahun sebelum menstruasi yang didorong oleh estrogen, prolaktin, dan hormon lainnya.

Setelah ovulasi dan menstruasi pertama, tubuh mulai memproduksi progesteron. Bersama dengan estrogen dan hormon lainnya, progesteron membantu melanjutkan pertumbuhan dan perkembangan payudara.

Saat terjadi kekurangan progesteron, seorang wanita berpotensi mengalami hambatan perkembangan saluran air susu dan kelainan perkembangan bentuk payudara.

Selama Konsepsi

Infertilitas atau sulit hamil adalah akibat lain dari defisiensi progesteron. Progesteron memberi sinyal pada payudara dan rahim untuk mempersiapkan konsepsi.

Payudara kemudian akan membesar untuk memproduksi lebih banyak air susu. Progesteron juga akan  merangsang lapisan rahim menjadi lebih tebal dan leher rahim untuk mengeluarkan lendir lebih banyak.

Progesteron juga akan memberi tahu sistem kekebalan tubuh untuk menyesuaikan diri sehingga  memungkinkan tubuh menerima sel telur yang dibuahi.

Jika konsepsi tidak terjadi, level progesteron akan menurun dan memicu dimulainya siklus menstruasi.

Tubuh seorang wanita dengan kadar progesteron rendah tidak akan mengalami perubahan untuk mempersiapkan pembuahan sehingga sulit untuk hamil.

Selama Kehamilan

Selama kehamilan, progesteron membuat uterus menebal dan menstabilkan posisi janin. Progesteron juga terus merangsang pertumbuhan jaringan payudara untuk memproduksi air susu.

Hormon ini berperan pula memperkuat dinding panggul dan mendorong produksi lendir yang menyumbat leher rahim untuk mencegah masuknya infeksi. Semua hal ini akan melindungi janin..

Seorang wanita yang kekurangan progesteron menjadi lebih berpotensi mengalami keguguran. Level progesteron yang rendah juga membuat seorang wanita yang berhasil melahirkan akan kesulitan memberikan ASI secara efektif.

 Daftar Jamu Godog Kendhil Kencana >>> Jamu Godog Penyubur Kandungan – IBU BAHAGIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar